Alasan Mengapa Setiap Keputusan Bisnis Harus Selalu Dipertimbangkan Ulang

Menanyakan kembali apakah Anda sudah membuat keputusan bisnis yang tepat atau belum merupakan cara yang efektif untuk memeriksa kesesuaian langkah Anda dengan rencana semula. Namun jika Anda memang harus mengkaji ulang keputusan bisnis yang sudah diambil di waktu yang kurang tepat, mungkin Anda akan merasa tergoda untuk menyerah dalam memberikan komitmen-komitmen bisnis yang krusial.

Taktiknya adalah mempertimbangkan ulang dengan memilih waktu (timing) yang tepat. Jangan melakukannya di saat Anda sedang merasa lemah, kurang siap atau kurang percaya diri. Alih-alih demikian, aturlah waktu untuk mengulas kembali. Misalnya, jangan bertanya apakah Anda seharusnya mencoret rencana untuk berbicara lebih banyak dalam rapat perusahaan saat Anda menuju ruang pertemuan.

Daripada melakukannya, Anda bisa memberitahu diri sendiri bahwa Anda akan melontarkan pertanyaan tentang keputusan tersebut 10 menit menjelang pertemuann setelah Anda memiliki cukup waktu untuk terbiasa dengan gagasan itu. Menetapkan waktu juga akan membantu Anda mempertimbangkan ulang sekali lagi daripada mengomel dengan diri sendiri karena merasa ragu-ragu.