5 Hal yang Perlu Diperhatikan Jika Ingin Terjun ke Bisnis Kost-Kostan

Terjun ke bisnis kost-kostan merupakan salah satu cara untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Jika Anda memiliki properti yang lokasinya dekat dengan kampus atau perkantoran, maka bisnis ini bisa Anda pertimbangkan.

Karena selain menguntungkan, modal yang dibutuhkan juga tidak sebesar membangun rumah kontrakan. Dilansir dari Okezone, berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika ingin terjun ke bisnis kost-kostan:

1. Lokasi
Pemilihan lokasi adalah hal yang penting untuk semua jenis usaha. Teruntuk bisnis ini, Anda harus bisa memprediksi siapa konsumennya. Jika lokasi Anda dekat dengan kampus, maka target Anda adalah para mahasiswa. Jika lokasi Anda dekat dengan perkantoran, maka target Anda adalah karyawan.

2. Berikan Jaminan Keamanan, Kenyamanan, dan Kebersihan
Jika banyak kostan lain yang memiliki fasilitas sama dengan kostan Anda, maka Anda bisa memberikan jaminan lebih seputar keamanan, kenyamanan, dan kebersihan.

3. Tarif Sewa
Tarif sewa berhubungan dengan lokasi. Jika kostan ini diperuntukkan bagi mahasiswa, maka Anda tidak bisa mematok tarif sewa yang mahal. Penentuan tarif sewa juga tergantung pada lokasi yang strategis. Semakin strategis lokasi kostan Anda, maka bisa semakin mahal tarif sewanya. Usahakan tarif sewa juga sebanding dengan fasilitas yang diberikan.

4. Layanan Tambahan
Layanan tambahan juga dapat Anda jadikan pertimbangan untuk bisnis kost-kostan ini. Semisal berikat fasilitas wifi 24 jam, layanan laundry, atau jasa catering. Dengan layanan tambahan itu, Anda juga bisa mendapat penghasilan tambahan.

5. Seleksi
Menyeleksi calon penyewa kostan juga sangat penting. Jangan sampai Anda kecolongan memasukkan orang tak baik dengan catatan kriminal atau berperilaku buruk dalam kostan Anda. Karena selain bisa membahayakan kostan Anda sendiri, mereka juga bisa membahayakan penyewa lain serta masyarakat sekitar.