Bisnis Kargo Makin Lesu, 800 Karyawan Lufthansa Mulai Dirumahkan

Maskapai penerbangan terbesar di Jerman, Lufthansa, akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) 800 pekerjanya di unit kargo atau pengiriman barang, yang tersebar di seluruh dunia.

Dilansir dari Reuters, Senin, 13 Juni 2016, PHK tersebut merupakan bagian dari efisiensi perusahaan agar tetap bisa bertahan di tengah lesunya industri penerbangan saat ini. Maskapai tersebut saat ini memiliki pekerja sebanyak 4.600 orang.

Lufthansa kargo mengatakan, dengan PHK tersebut mampu memotong biaya karyawan senilai US$90 juta per tahun. Perusahaan masih merahasiakan kapan PHK akan dilakukan, tapi 500 di antaranya akan dilakukan di kantor pusatnya di Jerman.

Sebagai informasi, Asosiasi Transportasi Udara Internasional pekan lalu memproyeksikan pertumbuhan permintaan angkutan udara pada 2016 menjadi 2,1 persen. Turun dari prediksi awal yang tumbuh tiga persen .

Lufthansa memproyeksikan, keuntungan dari divisi kargo pada tahun ini akan menurun signifikan dari tahun lalu yang mencapai US$83 juta. Terlebih lagi dua pesawat sudah tidak digunakan karena permintaan pasar yang rendah.