Mantan Karyawan Apple Ini Sekarang Jadi Pengusaha Mesin Cuci

Selama 6 tahun, Glenn Reid bekerja bersama Steve Jobs. Tahun pertama ia habiskan bersama dengan NeXt, startup yang dibuat oleh Jobs, yang kemudian dilanjutkan pada 1998 sampai 2003 di Apple, saat ia mengembangkan versi awal dari iPhoto dan iMovie.

Sekarang, Reid sudah tidak lagi bekerja dengan Apple dan memulai stratup mesin cuci yang ia beri nama Marathon Laundry 1.0 Note.

Ya, mesin cuci sekaligus pengering yang terhubung dengan internet ini diklaim bisa mencuci pakaian dengan canggih layaknya yang dilakukan Tesla pada mobil elektrik.

Dibandrol dengan harga 1.199 dolar AS atau sekitar 16 jutaan rupiah, Marathon Laundry memiliki harga yang bersaing dengan mesin cuci lainnya.

Menurut catatan Reid, konsep mesin cuci dan pengering ini sebelumnya sudah diterapkan di negara-negara Eropa, namun kurang begitu efisien dalam penggunaannya. "Bahkan sangat jelek sekali," ujarnya.

Dari sinilah inspirasi datang. Latar belakang Reid yang pernah bekerja di Apple membuat ia berinovasi untuk membuat suatu perangkat yang efisien dan tidak jelek dalam penggunannya.

Karena terhubung dengan internet, Marathon Laundry bisa menangkap banyak data dari tiap penggunanya.

Seperti layaknya yang dilakukan Tesla dengan mengumpulkan data dari mobil yang terjual untuk meningkatkan kualitas Autopilot pada mobil tanpa pengemudinya, yang dilakukan oleh Marathon Laundry pun sama: yaitu memperlajari cara mencuci yang baik tanpa harus bergantung pada tombol-tombol rumit yang ada di kebanyakan mesin cuci.

Bahkan, Reid sendiri mengatakan kalau tidak ada alasan yang jelas mengapa banyak mesin cuci memiliki banyak sekali tombol perintah.

"Hanya ada dua tombol yang diperlukan, yaitu pengaturan suhu air dan waktu," ujarnya.

Target dari Marathon Laundry adalah dengan mengumpulkan banyak data untuk mengetahui temperatur yang tepat untuk mencuci pakaian.

Dari sini, hal-hal yang terjadi dalam karangan fiksi ilmiah bisa jadi kenyataan. Contohnya, Marathon Laundry bisa mengeindetifikasikan noda yang ada di pakaian Anda dan secara otomatis menerapkan solusi yang terbaik.