Lima Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan

Sesuaikan jenis pekerjaan dengan talenta atau keterampilan Anda. Beberapa usaha sampingan nampak lebih baik dari yang lain, terutama dalam hal waktu dan juga uang yang dihasilkan.

Berikut adalah beberapa usaha sampingan yang layak untuk dicoba seperti dilansir Kompas.com:

1. Guru les
Jika Anda memiliki pengetahuan mendalam tentang satu bidang pelajaran tertentu, ini saatnya memanfaatkan ilmu tersebut sebagai pekerjaan sampingan. Anda bisa menjadi guru les privat yang waktunya sangat fleksibel.

2. Membuat kue
Anda bisa masuk ke dalam bisnis makanan tanpa perlu memiliki restoran. Keterampilan Anda membuat kue dan aneka cookies merupakan bakat yang bisa menghasilkan banyak uang. Mulailah memasarkan kue-kue Anda melalui media sosial, jangan lupa lengkapi dengan dokumentasi foto agar lebih menarik.

3. Perencana pesta
Tak sedikit pasangan pengantin yang mengatur sendiri pesta pernikahan mereka tertarik untuk mencoba bisnis wedding organizer. Selain pesta pernikahan, pesta ulang tahun anak atau acara-acara kantor merupakan "ladang" yang bisa dicoba.

4. Fotografer
Biasanya fotografi adalah usaha sampingan yang berangkat dari hobi. Agar "nilai jual" Anda meningkat, tambahkan dengan keterampilan mengolah foto secara digital.

5. Membuat web
Hampir setiap usaha bisnis membutuhkan website sebagai media informasi produk mereka. Peluang bisnis yang besar ini bisa Anda manfaatkan, terutama jika Anda memiliki kemampuan mendesain web. Untuk melebarkan sayap, ikuti kontes membuat desain web agar karya Anda semakin dikenal. (as)