Inilah Lima Jenis Bisnis Bermodal Minim

Dalam membangun suatu usaha, tiap individu yang hendak memulainya tidak bisa serta merta langsung membuka usahanya. Diperlukan pemikiran yang matang, dan action yang cepat dan tanggap. Tidak cuma berpikir tanpa aksi, namun juga tidak cuma beraksi tanpa berpikir, keduanya harus dilakukan dengan seimbang sehingga usaha bisa berjalan dengan cepat dengan pemikiran yang matang.

Bagi seorang pemula yang ingin terjun dalam kegiatan wirausaha mandiri, yang pertama pasti akan selalu membutuhkan ide, terobosan dan ilmu yang digunakan dalam menjalankan kegiatan usahanya. Yang kedua, terkait itu pula, kegiatan wirausaha juga membutuhkan modal berupa dana cair, baik dari segi aspek skala kecil maupun skala besar. Kedua hal tersebut merupakan modal utama yang harus ada dalam menjalankan setiap jenis bidang usaha.

Mengawali usaha atau berbisnis bisa dilakukan dengan modal minim. Terdapat beberapa peluang bisnis menjanjikan dengan modal kecil, yang bisa dijadikan ide untuk dikerjakan. Bagi yang ingin berbisnis dengan resiko kecil, bisa melakukan usaha sampingan yang berdampingan dengan pekerjaan utamanya.

Terdapat beberapa usaha menjanjikan dengan modal kecil, yang bisa dijadikan ide untuk dikerjakan. Berikut ini peluang bisnis yang bisa dijadikan ide jika memiliki modal kecil seperti dilansir Suara.com:

1. Bisnis kuliner

Hobi memasak ini akan memberikan tambahan positif, jika dikembangkan dengan skill dan kreativitas dalam mengolah bahan makanan dengan cita rasa yang khas dan enak. Usaha mengawali bisnis kuliner ini bisa dilakukan dengan menjual aneka masakan rumahan, makanan ringan (snack), atau bisa dikembangkan lagi menjadi bisnis catering yang lebih profesional dalam melayani suatu acara yang membutuhkan konsumsi. Usaha ini bisa diawali dengan modal kecil dengan hanya menerima pesanan makanan. Jika ingin skala yang lebih besar, usaha ini juga bisa dijalankan bekerja sama dengan rekan.

2. Bisnis online

Wirausaha secara online bisa juga disebut dengan nama keren sebagai bisnis online. Bisnis online bisa dilakukan dengan modal ataupun tanpa modal. Bisnis online menggunakan media internet ini maksudnya adalah internet sebagai wahana atau sarana dalam memasarkan dan mengiklankan usaha yang dijalankan. Contoh bisnis online dengan modal minim yaitu berjualan dengan sistem dropship. Bisnis ini dilakukan dengan berjualan barang tanpa modal dan tanpa stok barang. Kita bisa membuat toko online di internet, dan mengambil barang dari supplier untuk kemudian dijual kembali atas nama kita pribadi.

3. Bisnis properti

Kebutuhan lahan tempat tinggal semakin bertambah berbanding terbalik dengan luas lahan yang ada. Namun demikian tidak menyurutkan potensi berbisnis properti ini untuk terus berjalan. Justru semakin tinggi permintaan akan lahan tempat tinggal dan semakin sempitnya lahan yang digunakan akan membuat harga properti semakin meningkat signifikan. Maka tak heran jika bisnis properti ini semakin banyak dijalankan berharap mendapatkan keuntungan yang besar. Cara mengawali bisnis properti dapat dilakukan sebagai perantara jual beli properti atau agen properti.

4. Bisnis jasa

Bisnis modal kecil yang berhubungan dengan usaha jasa bisa banyak ragamnya. Beberapa contoh yang bisa dikembangkan adalah usaha laundry pakaian, usaha bimbingan belajar, penulis lepas, desain grafis, reparasi komputer, dan banyak lagi lainnya. Bisnis jasa bisa menyesuaikan dengan skill atau kemampuan yang dimiliki.

5. Bisnis pengembang software aplikasi

Masih ingat dengan Henry Jufri seorang kuli panggul yang mampu meraup Dollar dari Google dengan menjual aplikasi buatannya? Untuk bisa mengembangkan sebuah software aplikasi tentu syaratnya harus memiliki skill bahasa pemrograman. Namun, bahasa pemrograman ini tetap bisa dipelajari secara otodidak jika memiliki tekad yang kuat dalam belajar. Seorang kuli panggul saja bisa, jadi kenapa tidak berusaha mempelajarinya? Produk aplikasi sangat potensial untuk menghasilkan pundi-pundi uang berupa dollar terutama aplikasi berbasis Android dan iOS.