Tips Sukses Jalankan Bisnis Furniture

Tidak dapat dipungkiri bahwa sampai dengan saat ini prospek untuk bisnis mebel maupun bisnis furniture masih cukup bagus. Namun, tentu saja ada kendala bisnis yang juga menghantui pebisnis dalam bidang ini. Mulai masalah bahan baku produksi hingga target pasar, menjadi poin-poin yang wajib diperhatikan oleh pengusaha furniture. Tidak hanya itu, tantangan lain dari bisnis ini adalah bagaimana bisa selalu fleksibel dengan tren dan selera pasar. Seperti diketahui, produk furniture tidak bisa dipisahkan dari model atau konsep yang ditawarkan.

Nah, bagi rekan-rekan yang berkecimpung dalam bisnis furniture bisa menyimak beberapa tips berikut ini agar usaha Anda dapat berjalan dengan lebih baik dan menguntungkan.

1. Perhatikan Desain Toko
Menjual produk furniture yang mengutamakan tampilan, tentu harus diperhatikan masalah display produk. Dalam hal ini penataan toko harus benar-benar mampu mengundang perhatian pelanggan atau orang yang lalu lalang di depan toko Anda.

Produk furniture bukanlah barang konsumsi yang dibutuhkan setiap hari. Mungkin, mereka yang lewat depan toko Anda awalnya hanya tertarik dan tidak membeli untuk saat itu. Namun bukan tidak mungkin, saat mereka butuh, maka mereka akan mencari ke tempat Anda.

Tips yang bisa diterapkan yakni yang pertama, pajanglah produk unggulan Anda yang paling menarik di bagian depan toko. Ini bisa menjadi umpan penarik minat pembeli. Dan yang kedua adalah, pastikan dari sekilas pandang saja, pembeli sudah tahu produk-produk apa saja yang dijual toko Anda. Ini bisa dijalankan dengan menaruh sejumlah contoh jenis produk di bagian depan toko.

2. Tawarkan Promo Menarik Untuk Beberapa Item Produk
Tips yang kedua adalah dengan menawarkan promo potongan harga yang menarik untuk beberapa jenis produk. Tawarkan harga yang lebih murah dibanding toko pesaing untuk jenis produk tertentu. Mengenai jenis produk yang bisa diberikan diskon, pilihlah produk dengan jumlah besar dan  banyak dicari semisal item produk kursi dan meja kecil.

Keuntungan dari trik yang satu ini adalah pertama kita bisa mengungguli pesaing dan membuat pelanggan lebih tertarik pada toko kita dibanding toko pesaing. Berikutnya, dengan tawaran diskon tersebut, pelanggan yang sudah masuk ke toko kita bisa kita tawari produk lain yang dibandrol dengan harga normal. Atau tips lain, yakni dengan menawarkan paket promo, jika membeli bersama dengan produk lain maka harga yang didapatkan bisa lebih murah.

3. Gencar Promosikan Bisnis Furniture
Tips berikutnya adalah dalam hal mempromosikan bisnis furniture kita. Untuk jenis bisnis seperti ini, promosi yang bisa dijalankan antara lain secara konvensional atau bisa juga dengan mengikuti pemeran dan bazaar. Jika ingin mengikuti pameran produk UKM atau bazaar, memang akan dikenakan biaya. Namun promosi lewat ajang seperti ini lebih terfokus dan langsung bertemu dengan calon konsumen.

Alternatif lain yakni dengan menjalankan promosi online. Saat ini ranah online sudah begitu maju, dengan begitu bisnis furniture kita juga akan dikenal lebih luas. Satu hal yang perlu diperhatikan jika ingin mempromosikan usaha di ranah online adalah kesiapan Anda untuk menangani pesanan dari wilayah yang jauh. Jadi persiapkan hal tersebut, terkait produk, transaksi hingga pengiriman.