10 Hal yang Perlu Diperhatikan Jika Ingin Bisnis Food Truck

Sebuah bisnis truk makanan yang dapat ke mana saja merupakan cara yang bagus untuk memperluas penjualan restoran yang ada atau bagi Anda masuk ke industri makanan.

Bisnis ini identik dengan makanan dengan harga murah, seperti sandwich, hot dog atau es krim. Tapi, kini bisnis truk makanan hari ini telah berekspansi di berbagai ragam jenis makanan.

Restoran makanan berbentuk truk hari ini menawarkan setiap jenis masakan. Pelanggan dapat menemukan barang-barang seperti gourmet, cupcakes, ramen hingga sushi.

Seperti dilansir dari laman Okezone.com, bagi Anda yang berminat menjalankan bisnis truk makanan, maka Anda patut membaca 10 hal yang harus diketahui tentang bagaimana memulai sebuah restoran bisnis truk makanan berikut:

1. Tidak setiap lingkungan mengizinkan adanya truk makanan.
Langkah pertama dalam memulai bisnis truk makanan adalah mencari tahu apakah mereka diperbolehkan. Beberapa kota memiliki batasan untuk vendor yang mobile atau dapat ke mana saja. Tentukan di mana Anda dapat mendirikan toko. Itu hal yang pertama yang harus Anda fikirkan.

2. Truk makanan memakan biaya
Truk makanan memakan biaya jauh lebih murah daripada restoran yang dibangun dengan bata dan mortir. Sebuah truk makanan itu sendiri membutuhkan biaya hanya hingga mencapai ratusan juta Rupiah, jika digunakan. Kecuali Anda memiliki banyak uang ekstra, Anda paling mungkin akan perlu mencari pembiayaan baik melalui bank, biro usaha kecil atau investor.

3. Sebuah bisnis truk makanan yang bisa ke mana saja (mobile) membutuhkan lisensi dan izin
Tergantung di mana Anda melakukan bisnis, Anda mungkin perlu mengajukan permohonan untuk izin khusus dan izin lainnya. Terkadang, jumlah izin diperbolehkan dalam satu area namun dibatasi dan menyebabkan waktu menunggu yang lama bagi pemilik truk makanan.

4. Kesehatan dan keselamatan yang penting dalam bisnis truk makanan
Jika Anda berencana untuk melayani makanan kepada publik, baik di rumah atau melalui truk makanan, Anda perlu mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan keselamatan pekerja dan pelanggan. Makanan harus disimpan, disiapkan dan disajikan dalam kondisi sanitasi, pada suhu yang tepat. Anda juga perlu untuk mengajukan permohonan izin kesehatan sebelum Anda dapat melakukan bisnis. Patuhi peraturan yang diperlukan untuk memastikan bisnis truk makanan Anda aman.

5. Restoran dan truk makanan tidak selalu dapat berbaur
Restoran di lingkungan Anda mungkin tidak menyambut baik jika Anda memarkirkan truk makanan Anda di dekatnya. Pasalnya, persaingan dalam bisnis makanan selalu sengit.

6. Tentukan lokasi merupakan hal penting untuk bisnis truk makanan menuju bisnis yang sukses
Salah satu keuntungan terbesar truk makanan dibandingkan dari restoran adalah dapat membawa makanan kepada pelanggan. Tapi Anda masih perlu tahu di mana pelanggan berada.

7. Truk makanan tetap memberikan pengalaman bersantap
Dari menu, ke layanan pelanggan untuk makanan, pengunjung akan berjalan kaki dari truk makanan Anda dengan pengalaman yang mirip dengan makan di sebuah restoran. Jika salah satu kriteria di atas tidak ada, mereka mungkin tidak akan datang kembali.

8. Media sosial adalah alat yang hebat untuk bisnis truk makanan
Semakin banyak ponsel bisnis truk makanan yang beralih ke media sosial seperti Facebook dan Twitter untuk promosi. Anda pun juga dapat nge-tweet di mana Anda berada setiap harinya. Selain itu, Anda pun dapat memanfaatkan media sosial tersebut untuk memberikan penawaran spesial ataupun promosi lainnya.

9. Truk makanan menawarkan cara yang bagus untuk memperluas bisnis
Karena Anda yang dapat ke mana saja (mobile), truk makanan adalah cara yang bagus untuk masuk ke katering. Pertimbangannya adalah, jika bisnis truk makanan utama Anda adalah menjual makan siang ke pusat kota kerumunan kantor, mengapa tidak memanfaatkan waktu malam dan event di akhir pekan, seperti pesta makan malam, pesta liburan, bahkan pernikahan.

10. Memiliki bisnis truk makanan itu berarti sama dengan kerja keras
Menjadi pemilik bisnis kecil adalah berarti akan banyak kerja keras. Ini berarti jam kerja yang panjang, posisi truk makanan yang di mana saja, selain itu mulai dari memasak, server, pembukuan dan akuntan. Meski tentu saja menguntungkan, jangan pernah berpikir bahwa bisnis makanan adalah mencari uang dengan mudah.