Ini Jenis Profesi yang Mulai Punah Tergerus Zaman

Perkembangan teknologi yang semakin maju seperti saat ini memang sangat memberikan dampak yang sangat besar, dari dampak tersebut banyak keuntungan yang dapat masyarakat rasakan, namun ada juga beberapa yang dirugikan.

Ada beberapa pekerjaan yang saat ini mulai punah tergantikan oleh kemajuan teknologi, berikut profesi yang hampir tak dibutuhkan lagi di jaman modern ini, dilansir dari qerja.com.

1. Loper Koran
Mungkin di era ’90-an profesi ini masih dianggap penting. Semua orang menunggu kehadirannya untuk melemparkan koran dari luar pagar. Loper koran bukan hanya mengantar koran atau majalah dari rumah ke rumah namun terkadang juga berkeliling menjajakan korannya.

Sungguh sayang, saat ini jasa penjual koran sudah tak dibutuhkan lagi. Berkat kemajuan teknologi orang hanya perlu mengklik dengan satu jari untuk membaca berita yang diinginkan di situs media manapun pada smartphone atau laptop. Tentu saja, pekerjaan sebagai loper koran akan segera berakhir karena sudah tidak dibutuhkan lagi.

2. Biro/Agen Perjalanan Wisata
Profesi atau jenis usaha ini juga sudah mulai ditinggalkan oleh pelanggannya. Banyak orang kini tak lagi memerlukan jasa dari agen perjalanan karena dari berbagai aplikasi dan website travel, kita hanya perlu mengklik untuk memesan tiket dan hotel, juga melakukan pembayaran. Kita juga bisa mendapatkan harga tiket dan hotel yang lebih murah jika membeli sendiri, dibandingkan melalui agen travel.

Kini untuk tetap bertahan, agen-agen mulai gencar mempromosikan paket-paket wisata seperti liburan petualangan, atau paket-paket liburan menarik lainnya.

3. Pengantar Surat  
Dengan teknologi email yang menggantikan surat fisik, informasi tagihan kartu kredit, dan lain-lain, orang tidak lagi membutuhkan jasa pengantar surat. Kalau pun membutuhkan layanan antar, biasanya untuk dokumen yang tidak mungkin dikirim secara online, namun jumlahnya tidak sebanyak surat seperti dahulu.

Untungnya profesi ini sekarang masih bisa bertahan, hanya saja fokusnya tak lagi pada surat, melainkan pengiriman paket. Ini juga adalah salah satu keuntungan dari kemajuan teknologi karena online shopping semakin mewabah dan pengiriman barangnya masih membutuhkan jasa pos.

4. Penjaga Perpustakaan
Kini Anda tidak perlu bersusah susah payah untuk pergi ke perpustakaan mencari bahan bacaan dan meminjam buku. Semua bisa Anda lakukan di mana saja dan kapan pun dengan mendownload e-book dan membacanya lewat smartphone atau laptop Anda.

Meminjam buku di perpustakaan juga tidak membutuhkan lagi penjaga. Cukup dengan menggunakan chips pada buku, Anda bisa menggunakan mesin peminjam di perpustakaan yang akan mencatat judul buku dan kapan buku akan dikembalikan.

Saat ini pustakawan dan pustakawati harus membekali diri dengan pengetahuan perpustakaan yang sesuai dengan kemajuan teknologi, untuk kemudian mencari pekerjaan di bagian data atau arsip di perusahaan, kalau tak mau menyerah terlindas modernisasi

5. Operator Telepon
Profesi ini juga salah satu yang terkena dampak kemajuan teknologi. Para operator telepon kini makin tak dibutuhkan. Dahulu kala, perlu bantuan operator untuk menghubungkan kita dengan orang yang ingin kita hubungi lewat telepon. Namun setelah ada ponsel, semua orang bisa berkomunikasi langsung, bahkan menggunakan video call pun hanya butuh satu klik.

Meski begitu, kebutuhan operator telepon masih ada di perkantoran besar yang menerapkan sistem ekstension untuk telepon di meja karyawannya. Operator telepon juga masih dipakai di sejumlah sektor penting seperti kepolisian, pemadam kebakaran, dan lain-lain

6. Operator Lift
Anda pasti sering menemukan operator lift di hotel atau gedung pecakar langit. Di masa lalu, profesi ini dianggap sebagai jasa yang harus ada di gedung-gedung mewah, terutama hotel. Selain untuk melayani tamu, juga karena lift masih dianggap sebagai teknologi yang pengoperasiannya belum dimengerti semua orang.

Namun kini operator lift sudah tidak dibutuhkan lagi karena hampir semua orang tahu cara menggunakan lift. Beberapa mesin lift pun dilengkapi interkom untuk menghubungi petugas yang bisa memandu lewat speaker jika terjadi masalah.