3 Kebiasaan Buruk yang Bisa Menghalangi Kesuksesan Bisnis

Kesuksesan dan kegagalan bisnis itu sebenarnya tidak ditentukan oleh orang lain, melainkan dari kebiasaan yang Anda lakukan setiap hari.

Mudahnya, Anda bisa mengikuti pola kebiasaan yang dilakukan oleh para pebisnis sukses. Ada kemungkinan bahwa Anda akan menemui kesuksesan juga.

Tapi, ada juga kebiasaan-kebiasaan buruk yang tanpa disadari selalu Anda lakukan yang bisa menghalangi kesuksesan bisnis.

Dilansir dari Entrepreneur.com, berikut 3 kebiasaan buruk tersebut:

1. Anda Terlalu Menaruh Perhatian Pada Kabar Burung, Bukan Sebuah Fakta
Cerita-cerita yang beredar tanpa kebenaran yang jelas hanya menciptakan emosi bagi Anda untuk bereaksi. Biasanya, reaksi yang muncul didasari pada fakta yang salah. Menjadi seorang pemimpin seharusnya bisa membedakan dua hal tersebut. Pisahkan mana yang fakta dan mana yang kabar burung. Buat keputusan berdasarkan apa yang Anda ketahui secara jelas.

2. Anda Hanya Percaya pada Apa yang Anda Percayai
Kebanyakan, apa yang Anda percayai mengenai suatu hal sudah tertanam di dalam kepala dalam waktu yang lama. Untuk membangun sebuah bisnis, Anda diminta untuk berinovasi, yang mana Anda harus kritis terhadap apa yang Anda percayai. Steve Jobs tidak percaya kalau ponsel hanya bisa menjadi alat komunikasi saja. Ia percaya kalau ponsel bisa menjadi komputer, kamera, dan pemutar musik.

3. Anda Mengabaikan Kritik
Bisnis yang sehat dibangun oleh ego yang sehat. Jika Anda ingin memiliki usaha yang besar, maka Anda harus percaya kalau Anda bisa melakukannya. Akan tetapi, jangan sampai berpikir kalau diri Anda lebih baik daripada orang lain. Saat ada pelanggan atau karyawan yang mengkritik bisnis Anda, sangat mudah bagi Anda untuk membela bisnis yang tengah Anda bangun. Tapi jika Anda terbuka dengan kritikan tersebut, ada banyak hal yang bisa dipelajari untuk memperbaikinya. Satu kritikan lebih baik daripada seribu pujian yang sama.